Saturday, December 30, 2017

Filsafat, Filsafat Ilmu, dan Filsafat Bahasa

(Sumber Gambar: youthmanual.com)

1.      What is philosophy?
Menurut Plato, filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli. Sedangkan filsafat menurut Imanuel Kant adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan. Senada dengan dua filosof diatas, Bertrand Russel berpendapat bahwa filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains; yaitu sebagaimana teologi, filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak bisa dipastikan; namun, seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.

Berdasarkan beberapa pendapat para filosof diatas, dapat disimpulkan bahwa filsafat pada dasarnya adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pangkal ataupun induk daripada ilmu pengetahuan lainnya dan bertujuan untuk mencari dan menyelidiki secara mendalam dan menyeluruh tentang hakikat dari segala hal yang ada, baik abstrak ataupun kongkrit, serta tentang asal-usul realitas dan tujuan kehidupan. Pencarian dan penyelidikan dalam filsafat tersebut dilakukan dengan berlandaskan akal budi atau pikiran yang lebih terfokus atau berintikan pada empat hal yaitu logika (jalan pikiran yang masuk akal), estetika (nilai keindahan), metafisika (hal-hal non-fisik), dan epistemology (asal-muasal).

Filsafat juga dapat dikatakan sebagai refleksi, perenungan, atau pemikiran bebas yang rasional, kritis, dan radikal atas hal-hal pokok dan mendasar dalam kehidupan. Jadi dasar daripada filsafat tidaklah berupa kajian experimental, melainkan atas dasar pemikiran yang mendalam atau perenungan-perenungan. Perenungan-perenungan dalam filsafat itu kemudian memiliki sifat-sifat rasional; dalam artian harus masuk akal dan dapat dipertanggung jawabkan secara argumentative, kritis; artinya mempertanyakan segala sesuatu, serta radikal; dalam artian hal-hal yang direnungkan dan dipertanyakan itu tidak mengenal istilah taboo sampai-sampai hal-hal seperti keberadaan Tuhan yang sebenarnya menjadi pembahasan yang sangat sensitive bagi sebagian manusia pun tidak luput dari perenungan karena memang filsafat bisa dikatakan adalah perpanjangan dari masa kanak-kanak manusia, atau masa dimana segala hal dipertanyakan, dan sifat manusia pada masa kanak-kanak adalah sebenar-benarnya sifat alamiah dari manusia itu sendiri.

2.      What is philosophy of science?
Filsafat ilmu adalah salah satu cabang dari filsafat yang bertujuan untuk mencari dan menyelidiki hakikat dari ilmu itu sendiri. Sebagai salah satu dari cabang filsafat, filsafat ilmu berusaha mengkaji secara mendalam, menyeluruh, sistematis, dan kritis  mengenai  sifat  dan  hakikat  ilmu, khususnya  yang  berkenaan  dengan  metodenya,  konsepnya, kedudukannya  di  dalam skhema umum  disiplin intelektual, serta hubungannya dengan berbagai segi dari kehidupan manusia. Menurut The Liang Gie, filsafat ilmu mencoba mencari hubungan dari berbagai lini kehidupan manusia dengan landasan-landasan ilmu yang terdiri dari konsep-konsep pangkal, anggapan-anggapan dasar, asas-asas permulaan, strukttur-struktur teoritis, dan ukuran-ukuran kebenaran ilmiah dari ilmu pengetahuan. Selain itu, soal pokok lain daripada filsafat ilmu adalah tentang saling keterkaitan antara berbagai bidang ilmu seperti ilmu social dan ilmu alam. Oleh karena itu, agar memiliki landasan yang kuat tentang ilmu, seorang ilmuan social sebaiknya mempelajari ilmu-ilmu kealaman secara garis besar, demikian pula seorang ahli ilmu kealaman perlu memahami dan mengetahui secara garis besar tentang ilmu-ilmu sosial. Sehingga ilmu yang satu dengan ilmu yang lainnya bisa saling menyapa, bahkan dimungkinkan terjalinnya kerjasama yang harmonis untuk memecahkan persoalan-persoalan kemanusiaan secara lebih mendalam dan menyeluruh.

Bidang garapan Filsafat Ilmu terutama diarahkan pada komponenkomponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu itu sendiri, yaitu ontology; yang meliputi apa hakikat ilmu itu, apa hakikat kebenaran dan kenyataan yang inheren dengan pengetahuan ilmiah, epistemology; yang meliputi sumber, sarana, dan tatacara mengunakan sarana tersebut untuk mencapai pengetahuan (ilmiah), dan aksiolog; meliputi nilalnilal (values) yang bersifat normatif dalam pemberian makna terhadap kebenaran atau kenyataan.

3.      What is philosophy of Language?
Filsafat bahasa merupakan salah satu cabang filsafat yang bertujuan untuk mengkaji secara mendalam dan menyeluruh tentang hakikat bahasa dengan mengandalkan analisis penggunaan bahasa yang berkaitan dengan masalah-masalah utama bahasa seperti makna, penggunaan bahasa, kognisi bahasa, dan hubungan bahasa dengan realitas. Masalah makna artinya mencari maksud dari apa yang diungkapkan sesorang pengguna bahasa baik itu secara lexical, kontekstual, ataupun referensial. Selanjutnya dalam penggunaan bahasa; yang mencakup tindak tutur ataupun nilai kesopanan bahasa, kognisi bahasa; bahasa dan pemikiran, serta hubungan antara bahasa dan realitas. Seperti yang telah diketahui bahwa bahasa adalah sarana atau alat untuk menyampaikan gagasan manusia. Maka dalam filsafat bahasa, bahasa menjadi alat yang digunakan untuk menyampaikan hasil-hasil pemikiran manusia yang mendalam dan menyeluruh terhadap bahasa itu sendiri sehingga dalam filsaafat bahasa, bahasa menjelaskan dirinya sendiri.


Menurut Verhaar, Filsafat bahasa mengandung dua makna yaitu: Filsafat mengenai bahasa dan filsafat berdasarkan bahasa. Filsafat mengenai bahasa artinya bahasa dijadikan sebagai objek berfilsafat, seperti ilmu bahasa, psikolinguistik, sejarah asal-usul bahasa. Sedangkan filsafat berdasarkan bahasa diartikan bahwa bahasa dijadikan sebagai landasan atau acuan dalam berfilsafat. Dalam hal ini, menurut Verhaar bahasa mengandung dua pengertian; bahasa eksklusif yaitu bahasa komunikasi sehari-hari yang dipakai sebagai pedoman filsafat analitik dan bahasa inklusif yaitu bahasa musik, bahasa cinta, bahasa alam yang dijadikan arahan dalam hermeneutika.




Postingan ini adalah beberapa potongan dari tugas kuliah beberapa minggu yang lalu yang saya selesaikan di jam-jam terakhir deadline. Segala kekurangan mohon dimaklumi! YAH, BEGITULAH! ☺

0 komentar:

Post a Comment